Pengobatan tubuh-pikiran dan HIV/AIDS


oleh Jeffrey Leiphart, Ph.D

Pengobatan Tubuh-Pikiran (Mind-Body Medicine) merupakan cara pendekatan terbaru terhadap kesehatan dan penyakit yang mengakui bahwa permasalahan emosi dan psikologi dapat mempengaruhi kondisi tubuh kita.

Penelitian tubuh dan pikiran telah menunjukkan bahwa emosi, kepercayaan serta hubungan kita dengan orang lain serta kebiasaan perilaku kita dapat mempengaruhi sistim kekebalan tubuh kita, membuatnya semakin kuat atau melemak, sehingga mengarahkan tubuh ke arah sakit atau sehat. Sebagai contah, kita kini tahu bahwa tingkat stress tinggi dan kesedihan serta depresi yang berkelanjutan dapat melemahkan sistim kekebalan tubuh, dan bahwa dukungan teman, motivasi diri serta olahraga fisik semuanya menyumbangkan andil terhadap kekebalan tubuh yang kuat dan kesehatan tubuh.

Para peneliti pengobatan tubuh dan pikiran sejak pertengahan tahun 1980-an telah mempelajari bagaimana hubungan antara tubuh dan pikiran bekerja dalam kaitan dengan HIV/AIDS. Mereka telah mempelajari mengapa beberapa orang jatuh sakit dan meninggal karena HIV, sementara orang lain tetap bebas dari gejala dan sehat. Deminikian beberapa hal yang mereka temukan, berdasarkan penelitian medis:
  • Kepercayaan: percaya bahwa anda pasti meninggal karena terinfeksi HIV dapat memicu ketakutan, terjadinya penurunan kekebalan tubuh, keengganan untuk berperilaku sehat dan pada akhirnya akan mengakibatkan masa hidup yang lebih pendek.
  • Stres: terjebak dalam "survival stress" selama berbulan-bulan -- dimana anda merasa tidak aman atau terancam -- dapat mengakibatkan kelelahan fungsi sistim kekebalan tubuh dan mempercepat perkembangan AIDS.
  • Kesedihan: merasa sedih adalah normal setelah kehilangan seseorang, hewan peliharaan atau cita-cita yang penting dalam hidup. Apabila kesedihan itu "disimpan" dan tidak diekspresikan selama berbulan-bulan, hal itu dapat memicu penurunan kekebalan tubuh dan mempercepat perkembangan penyakit.
  • Pengungkapan kepada pendukung yang terpercaya: ilmu pengetahuan telah menemukan bahwa membicarakan permasalahan anda secara jujur kepada orang yang anda percaya dapat memberi sokongan terhadap fungsi sistim kekebalan tubuh anda.
  • Tujuan hidup dan cita-cita: penelitian ilmiah terhadap orang-orang HIV+ yang tetap sehat untuk waktu lama menunjukkan bahwa orang-orang HIV+ tersebut umumnya memiliki "alasan untuk tetap hidup", apakah secara umum ("saya ingin menikmati waktu dengan teman-teman dan keluarga") atau cita-cita khusus ("saya ingin ikut kursus memasak bulan depan"). Nampaknya "alasan untuk hidup" mampu memberi sokongan terhadap sistim kekebalan tubuh dan survival.
  • Orang yang punya pendirian didefinisikan sebagai orang yang mampu menyatakan "tidak" terhadap sesuatu yang ia tidak ingin lakukan, dan "ya" terhadap sesuatu yang ia inginkan atau sukai. Penelitian medis menunjukkan bahwa memiliki pendirian dapat mendongkrak kekuatan dan kuantitas sel-sel Natural Killer (NK) sistim kekebalan tubuh. Ini sangat penting karena sel NK dapat membunuh HIV di dalam tubuh dan dapat terjadi pada orang dengan jumlah CD4 yang sangat rendah.
  • Perawatan tubuh artinya anda melakukan hal yang benar secara reguler untuk memastikan tubuh anda tetap sehat. Hal ini dapat termasuk pengertian mengenai ritme pernafasan anda dan memperbaiki segala permasalahan yang ada (seperti pernafasan yang kurang dalam atau kebiasaan menahan napas tanpa anda perhatikan). Anda sebaiknya minum air putih sebanyak delapan gelas setiap hari dan makan makanan padat gizi serta pola makan yang sehat sehingga keseluruhan tubuh anda, termasuk sel-sel kekebalan tubuh, mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. Tidur teratur yang dapat membuat anda bangun dengan "perasaan segar" setiap pagi juga penting. Akhirnya, anda sebaiknya berolahraga fisik dengan tingkat yang moderat (setidaknya 3 kali seminggu). Contoh olahraga fisik yang moderat adalah jalan cepat selama 20 menit yang membuat anda bernapas lebih cepat dan mungkin juga mengeluarkan sedikit keringat. Ingat bahwa sel Natural Killer (NK) juga dapat diperkuat dan diperbanyak dengan berolahraga.

Bagaimana anda dapat memanfaatkan informasi baru tentang hubungan tubuh dan pikiran ini untuk meningkatkan kesehatan HIV+ anda? nilai diri anda untuk masing-masing isu di atas, apakah anda melakukan hal-hal tersebut dengan baik, OK, atau kurang. Kemudian, buat daftar hal-hal yang anda masih "kurang" dan pilih seseorang untuk secara jujur membahasnya bersama. Anda mungkin ingin memilih orang yang berbeda untuk masing-masing isu. Setelah diskusi, buat perencanaan untuk memperbaiki masing-masing "kekurangan" dan mulailah memperbaikinya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai topik ini, dapat dilihat di website L.I.F.E. Program di www.shanti.org

[Sumber: TheBody.com]

Title : Pengobatan tubuh-pikiran dan HIV/AIDS
Description : oleh Jeffrey Leiphart, Ph.D Pengobatan Tubuh-Pikiran (Mind-Body Medicine) merupakan cara pendekatan terbaru terhadap kesehatan dan penyakit ...

0 Response to "Pengobatan tubuh-pikiran dan HIV/AIDS"

Posting Komentar

Mau Pasang iklan?

Bisa pasang disini

Mau Pasang iklan?

Bisa pasang disini

Pemesanan

Bisa menghubungi 0896 9174 9908

Mau Pasang iklan?

Bisa pasang disini

Mau Pasang iklan?

Bisa pasang disini